Sunday, December 28, 2014

Penilaian dan Pengolahan Nilai Murid SD

   



      
        Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk menghimpn , menganalisis, dan menafsirkan data tentang aktivitas murid  dalam  proses dan hasil belajar   yang diolah secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang  dapat menggambarkan perkembangan belajar serta bermakna untuk pengambilan keputusan.
Pelaksanaan penilaian  hendaknya dilakukan secara menyeluruh meliputi  aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil belajar).
Di sekolah dasar kita mengenal istilah penilaian kelas yaitu kegiatan guru menilai yang  terkait dengan pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasilnya jelas, mencerminkan pencapaian kompetensi selama proses pembelajaran tertentu. Penilaian kelas meliputi penilaian tuntas dan penilaian autentik.
Penilaian tuntas pada prinsipnya untuk mengukur kategori pengetahuan dan keterampilan (KI-3 dan KI-4). Murid tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan atau mengembangkan  kompetensi berikutnya sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar dan hasil yang memenuhi standar.
Penilaian autentik mengukur apa yang diketahui oleh murid juga menekankan mengukur apa yang dapat dilakukannya. Nilai yang diperoleh mencerminakan  apa yang bisa dilakukan selama  murid mengikuri kegiatan belajar dan yang dapat siswa tunjukkan setelah mengikuti proses belajar.
Nilai yang guru himpun, guru analisis, dan guru tafsirkan menjadi informasi penting yang menjadi bahan laporan kepada orang tua siswa yang disajikan dalam bentuk rapot.  Lihat Buku Rapot SD (573)
Informasi yang dimuat dalam rapot SD disajikan secara dalam bentuk teks deskriptif. Berbeda dengan rapot sebelumnya yang disajikan dalam bentuk data kuantitatif. Pada rapot kurikulum sebelunya, prestesi siswa digambarkan dengan angka, sedangkan pada rapot kurikulum 2013 informasi hasil belajar siswa diurai dalam bentuk pernyataan.
Contoh uraian pada rapot yang menggambarkan pengetahuann siswa :
Aspek
Catatan
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·         dirinya,
·         makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·         benda-benda lain di sekitarnya
·          Sudah mengenal simbol-simbol sila Pancasila dengan baik.
·         Memiliki pemahaman yang baik berkenaan dengan “teks petunjuk,” tetapi perlu peningkatan pemahaman berkenaan dengan teks deskriptif dan teks cerita diri.
·         Memiliki pemahaman yang baik tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20, tetapi perlu bantuan lebih lanjut berkenaan dengan mengenal dan memprediksi pola-pola sederhana.
·         Sudah mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis, tetapi perlu upaya lebih giat dalam mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Uraian singkat pada contoh di atas dibuat oleh guru berdasarkan data yang dihimpun dari proses pengamatan saat pembelajaran berproses, tes, dan penilaian tugas. Untuk mendapatkan data guru menggunakan pedoman penilaian. (Lihat Pedoman Penilaian SD (3352)).
Dalam melaksanakan penilaian guru-guru menghadapi masalah bagaimana bentuk format daptar nilai yang guru gunakan? Bagaimana cara menilai siswa dalam proses pembelajaran? Dan, bagaimana menganalisis dan menafsirkan data nilai murid kedalam bentuk uraian dalam bentuk catatan perkembangan hasil belajar siswa.
Solusi atas persoalan pertama:
Sekolah pada setiap awal semester harus membekali guru:
·         Pedoman penilaian
·         daftar nilai untuk mengimpun nilai dari hasil pengamatan dalam kelas, hasil ulangan, dan hasil penilaian tugas yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan (lihat contoh daftar nilai)
·         Pedoman  pengolahan nilai dan pedoman penafsiran data nilai menjadi uraian atau deskrpsi

Share this article

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 SISTEM KURIKULUM 2013 • All Rights Reserved.
Distributed By Free Blogger Templates | Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top